Makanan Pahit Untuk Kesehatan Tubuh
Wednesday, 03 October 2018 16 Deswira Umar

Ketika Anda makan terlalu banyak makanan tidak sehat, tubuh akan terasa lelah, lesu, dan tidak segar. Hal ini disebabkan oleh berbagai zat tambahan yang ada di dalam makanan tadi, seperti pengawet atau pemanis buatan. Zat-zat ini akan memenuhi ginjal dan lever.

Lever diperlukan tubuh untuk menyaring racun. Ketika lever terlalu penuh, hal ini bisa membuat ginjal jadi bekerja terlalu keras.

Di situasi seperti ini, memakan sayuran dengan rasa yang pahit bisa membantu. Walaupun mungkin Anda tidak menyukai rasanya makanan pahit memiliki manfaat tersendiri. Mengutip Boldsky, Minggu (1/7/2018), makanan pahit seperti pare dikatakan bisa memecah batu ginjal.

Berikut beberapa manfaat makanan pahit untuk tubuh:

1. Meningkatkan pencernaan

Rasa pahit dari sayuran pare memiliki peranannya sendiri. Hal ini bisa menstimulasi pencernaan sehingga meningkat. Pare juga bisa mencegah acid reflux.

2. Menjaga kesehatan lambung

Sayuran pahit bisa mengurangi sensitivitas tubuh terhadap makanan tertentu. Selain itu, mereka juga bisa meningkatkan kesehatan lambung.

3. Membuat kenyang

Pare membantu menormalkan proses pencernaan dan mencegah Anda makan terlalu banyak. Ini karena pare bisa membuat Anda kenyang lebih cepat.

4. Menjaga gula darah

Beberapa studi mengatakan, sayuran dengan rasa pahit bisa menormalkan kadar gula darah, kadar hormon, dan fungsi hormon endokrin.

5. Mencegah tukak lambung

Rasa pahit dalam sayuran bisa mencegah tukak lambung dengan cara menstimulasi sekresi lendir di perut. Pare bisa menjaga kadar alkalin internal perut tetap seimbang dan meminimalisir kadar asam dalam tubuh.