Karyawan Pun Di Imunisasi
Tuesday, 09 October 2018 15 Deswira Umar

Sebanyak 360 orang karyawan RSUD Solok diberi imunisasi Hepatitis B (Foto: Indra Asmar)

 

Dalam rangka Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di RSUD Solok, sebanyak 360 karyawan (manajemen, dan fungsional medis) diberi imunisasi Hepatitis B. Tujuannya adalah untuk melindungi para karyawan dari penyakit yang cukup mematikan itu. Apalagi mereka saban hari berpotensi ketularan Hepatitis B.

“Ini merupakan upaya preventif kita untuk melindungi karyawan dari resiko penyakit hepatitis,” ujar koordinator  pemberian imunisasi untuk karyawan RSUD Solok, Indra Asmar, SKM. Dikatakannya, biaya program ini tertera dalam Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA) RSUD Solok tahun 2018 ini.

Mengingat  terbatasnya biaya, maka tidak semua karyawan yang mendapat imunisasi gratis ini. “Lebih enam ratus karyawan di rumah sakit ini, hanya sekitar separoh saja yang dapat diberi imunisasi. Sisanya kita programkan tahun depan,” tambah Indra Asmar

Karena itu, lanjut Indra Asmar, untuk tahun 2018 ini, sebanyak 360 orang karyawan yang diberi imunisasi, diprioritaskan bagi mereka yang bekerja di ruangan (bangsal) yang punya potensi resiko penularan tinggi. Ruangan-ruangan yang dinilai beresiko itu adalah Instlasi Gawat Darurat (IGD), Intensive Care Unit (ICU), Ruang Operasi, VIP Pusako, psikiatri, THT, neurologi, paru, anak, wash ray, poliklinik dan hemodialisa.

Pelaksanaan imunisasi itu sudah dilakukan sejak pekan ini, selama sebulan ke depan. “Tahun depan diupayakan untuk karyawan lainnya. Usulannya anggarannya sudah dimasukkan,” ujar Indra Asmar. (te)