KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DILOMBAKAN
Thursday, 11 October 2018 15 Deswira Umar

Direktur RSUD Solok drg Ernoviana, M.Kes menyerahkan piala bagai pemenang lomba K3 (Foto:Indra Asmar)

 

Dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi bencana, serta untuk menguji kesiapan para karyawan menggunakan alat kerja, selama tiga hari, pada pekan lalu diadakan lomba Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di lingkup RSUD Solok.

“Ini merupakan kegiatan rutin kita, dalam rangka menguji kesiapan para karyawan menghadapi bencana, serta melihat kemampuan mereka menggunakan alat keselamatan kerja,” kata Kepala Bagian (Kabag) Umum  RSUD Solok, selaku Ketua Sub Komite Penanggulangan Bencana  Komite K3 Rumah Sakit, Herman T, S.H MM, usai mengkoordinasikan penyerahan piala dan hadiah bagi para pemenang lomba dimaksud, Rabu (10/10), di halaman depan rumah sakit itu.

Menurut Herman, hal-hal yang dilombakan antara lain bagaimana praktik Safety Briefing (petunjuk keselamatan) bagi pasien, cara menggunakan alat pemadam api ringan (APAR), serta bagaimana tata cara melakukan evakuasi saat terjadi bencana.  Lomba diadakan dengan mengunjungi tiap ruangan dari unit-unit (instalasi) yang ada di rumah sakit ini.

“Kita dengan tim mengunjungi tiap ruangan, dan di sana langsung diminta untuk memperagakan Safety Briefing, penggunaan APAR serta simulasi evakuasi bencana,”  lanjut Herman. Ia juga mengakui  bahwa lomba untuk tahun ini sekaligus dilakukan dalam rangka persiapan menghadapi penilaian akreditasi rumah sakit.

Adapun pemenang lomba tersebut adalah; Juara 1 Instalasi Gizi, sekaligus berhak atas trophy bergilir dan uang pembinaan Rp 1 juta. Juara 2 Instalasi Gawat Darurat (IGD), diberikan uang pembinaan Rp 750 ribu dan piala. Dan juara 3 Intensive Care Unit (ICU), mendapatkan uang pembinaan Rp 500 ribu serta piala.

Sementara itu, panitia juga memberikan hadiah favorit untuk tiap jenis lomba. Untuk Safety Briefing, dimenangkan oleh Pusako, penggunaan APAR dimenangkan oleh Bangsal Interne. Sedangkan untuk siaga bencana juara favoritnya adalah Instalasi Labor, dan security (Satpam) juga mendapat hadiah favorit sebagai kelompok siaga bencana. (te)