Penertiban Akun Medsos di RSUD Solok
Tuesday, 06 November 2018 16 Deswira Umar

Kasubag Tata Usaha RSUD Solok, Herman T (Foto:Deswira Umar)

 

Dalam rangka menghindari pemberitaan dan pemberian informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan, serta menyikapi banyaknya akun media sosial (medsos) yang mengatasnamakan dan atau melatarbelakangi aktifitas dan kegiatan RSUD Solok, maka perlu dilakukan penertiban akun-akun tersebut.

Demikian disampaikan Kepala Bagian Tata Usaha, Herman T, S.H, MM, terkait Surat Edaran Direktur RSUD Solok, Nomor 007/1208/TU-RS/2018, tentang Penertiban Akun Media Sosial. “Melalui surat edaran ini kita ingin menertibkan semua akun medsos yang mengatasnamakan RSUD Solok supaya dinonaktifkan. Nanti hanya ada satu akun medsos resmi yang dikelola oleh admin yang ditunjuk,” ujar Herman.

Adapun admin yang ditunjuk untuk mengelola akun medsos RSUD Solok, menurut Herman, adalah para petugas yang tergabung dalam Tim Website RSUD Solok. Ia menyebutkan bahwa sebelumnya sudah diterbitkan Surat Keputusan Direktur RSUD Solok, tertanggal 3 Agustus 2018 dengan nomor 189/59/RSUD-SLK/2018, tentang Pembentukan Tim Website.

Terkait itu, Deswira Umar, yang diserahi tanggungjawab sebagai admin utama dalam Tim Website RSUD Solok, mengatakan pihaknya akan memberi tenggat waktu selama sebulan bagi akun-akun tidak resmi itu untuk menonaktifkan diri. Selama sebulan itu dilakukan sosialisasi dengan membagikan surat edaran direktur.

“Jika sudah sebulan, kita akan melalukan penertiban dan penelusuran untuk mengetahui pemilik atau admin akun itu. Jika dia pegawai rumah sakit ini, tentu akan dilakukan pembinaan oleh pejabat terkait. Dan jika orang luar, kita bisa mengadukan mereka ke pihak berwajib lantaran menggunakan nama RSUD Solok secara sembarangan,” tutur Deswira. (te)