Tingkatkan Layanan Keperawatan
Friday, 09 November 2018 9 Deswira Umar

Kasi Mutu Keperawatan, Arlina (Foto: Deswira Umar)

 

Kendati saat ini sudah tidak ada lagi komplain masyarakat terhadap pelayanan RSUD Solok, namun bukan berarti upaya peningkatan kualitas berhenti. Sebaliknya, justru harus senantiasa dilakukan perbaikan dan pembenahan, sehingga customer puas dengan pelayanan rumah sakit ini.

Demikian dikatakan Kepala Seksi Mutu Keperawatan RSUD Solok, Ns Arlina, M.Kep terkait upaya-upaya yang senantiasa dilakukan rumah sakit itu untuk terus meningkatkan pelayanannya. “Meskipun komplain atau pengaduan masayarakat sudah sangat jarang terjadi, namun kita harus terus berupaya meningkatkan pelayanan,” ujarnya di depan peserta apel pagi, Rabu (7/11).

Arlina mencontohkan, hal-hal yang bisa dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan, khususnya dari sudut tugas para perawat dalam melaksanakan fungsi keperawatan, adalah memberikan penyuluhan kepada pasien tentang segala hal terkait upaya penyembuhannya. Misalnya pasien harus diberi penyuluhan tentang dosis obat, jadwal makan obat, pantangan-pantangan yang harus dihindari, dan seterusnya.

Selain itu, terkait kinerja dan disiplin para perawat, Arlina meminta supaya para perawat di lingkup RSUD Solok senantiasa mematuhi aturan dan disiplin jam kerja. Ia juga meminta supaya para perawat selalu mengikuti apel pagi, supaya beberapa informasi yang kerap disampaikan pembina apel bisa langsung mereka ketahui.

Dalam hal melaksanakan tugas keperawatan, Arlina mengatakan bahwa pihaknya selalu mengusahakan supaya semua perawat di rumah sakit itu berkinerja paripurna. Jika ada yang perlu dibina dan dikoreksi, maka biasanya perawat yang lebih senior mengingatkan yuniornya. (te)