Promkes, Tingkatkan Promosi ke Wilayah Kerja
Friday, 09 November 2018 10 Deswira Umar

Promosi ke wilayah kerja, terlihat tim Promkes RSUD Solok sedang di Dinas Kesehatan Kota Solok (Foto: Indra Asmar)

 

Tak kenal maka tak sayang. Kalimat ini menjadi pas manakala dikaitkan dengan keberadaan RSUD Solok paling terkini. Misalnya, banyak yang tidak mengetahui bahwa saat ini di RSUD Sook sudah bisa melayani city scan dan MRI dengan peralatan canggih dan mutakhir.

Dalam rangka pengenalan berbagai produk dan pelayanannya, maka Tim Promosi Kesehatan (Promkes) RSUD Solok selama beberapa hari belakangan mengunjungi Dinas Kesehatan dan sejumlah Puskesmas di Kota Solok. Tujuannya adalah memperkenalkan segala macam layanan dan produk unggulan RSUD Solok.

Salah seorang anggota Promkes RSUD Solok, Indra Asmar mengatakan bahwa pihaknya selama beberapa hari berkunjung ke seluruh Puskesmas di Kota Solok. “Sebelumnya kita berkunjung ke Dinas Kesehatan Kota Solok untuk menjelaskan produk dan layanan yang bisa dilakukan di rumah sakit ini,” ujar Indra Asmar sambil mengatakan bahwa selain berkunjung dan mempromosikan berbagai layanan itu, dia juga menempelkan selebaran di tempat-tempat strategis di Puskesmas-Puskesmas yang dikunjungi, serta di Dinas Kesehatan Kota Solok.

Ternyata, ujar Indra Asmar, banyak petugas Puskesmas di Koto Solok yang tidak tahu bahwa RSUD Solok sudah bisa melayani sejumlah tindakan medis yang selama ini hanya bisa dikerjakan di Padang atau Bukittinggi. Padahal selain mempunyai tiga belas poliklinik rawat jalan dan sepuluh bangsal rawat inap, RSUD Solok sudah dilengkapi dengan sejumlah peralatan medis mutakhir.

Dikatakan, saat ini di rumah sakit yang berlokasi di Simpang Rumbio Kota Solok ini, bisa melayani city scan untuk thorax, kepala-leher, MRI traktus urinarium, MRI urography, dan USG seluruh organ tubuh. “Kita juga punya labor patology dan anatomi yang bisa menunjang kebutuhan rujukan labor untuk semua rumah sakit dan Puskesmas di wilayah kerja RSUD Solok,” tutur Indra Asmar. (te)